Obyek Wisata di Tuban yang Wajib Kamu Kunjungi (Rugi Kalau Nggak) --Bag.1


Kabupaten Tuban merupakan sebuah kabupaten di Jawa Timur. Banyak orang yang menyebut Tuban sebagai kota Wali. Iyah, soalnya disini banyak banget makam-makam para Wali, dan kabarnya dulu menjadi salah satu kota di Jawa yang menjadi pusat penyebaran ajaran Agama Islam.

Tapi selain berbagai wisata religi, Tuban juga menyimpan banyak sekali pesona tempat wisata yang sangat luar biasa. Banyak wisata Goa dan Pantai disini. Hal ini karena letak geografis Kabupaten Tuban yang berada pada deretan Pegunungan Kapur Utara dan terletak di tepi pantai utara Jawa.

Nah disini Kami akan memberikan rekomendasi wisata selain wisata religi di Tuban, yang wajib dikunjungi oleh kalian semua.

1. Pantai Boom, Bekas Pelabuhan Dengan Desain Arsitektur Luar Biasa.

Saat memasuki kawasan pintu masuk Pantai Boom, Kalian akan akan menemukan pintu masuk pantai yang berbentuk seperti layar perahu yang dihiasi juga dengan hamparan taman. Di taman bagian depan ini terdapat dua bangunan berbentuk pendapa dengan prasasti berada di dinding bangunan tentang sejarah Pantai Boom Tuban di Masa Lampau yang mempunyai peranan penting sebagai jalur pelayaran niaga dan pelabuhan pada masa kerajaan Airlangga, Singasari , Majapahit dan masa awal syiar Islam di Tanah Jawa.

Ketika Wovger masuk masuk pintu gerbang utama untuk membeli karcis Wovger sudah akan disuguhi karya arsitektur luar biasa berupa relief tentara tar tar disebelah kiri gerbang dan relief ronggolawe disebelah kanan gerbang.

Baru dipintu gerbang saja, sudah banyak hal menarik yang disuguhkan oleh tempat wisata ini. Tidak jauh dari pintu masuk terdapat sumber air tawar yang mengalir terus menerus. Konon sumur tua merupakan peninggalan belanda, tapi ada juga yang mengatakan ini merupakan peninggalan wali.

Di dalam kawasan pantai, Wovger akan menjumpai taman-taman asri yang dihiasi oleh pohon-pohon yang rindang. Disini Wovger bisa melakukan jogging atau berjalan-jalan sekedar menikmati suasana pantai.

Di sekitar pantai terdapat jalan yang menjorok ke laut. Jalan ini bisa Wovger gunakan untuk menikmati panorama laut. Disini juga terdapat beberapa gazebo yang bisa Wovger gunakan untuk melihat pemandangan saat matahari terbit ataupun terbenam. Sangat menakjubkan.

2. Pantai Kelapa Panyuran Tuban, Menghadirkan Keindahan Rindangnya Pohon Kelapa Disepanjang Pantai.

Seperti namanya, pantai ini menyuguhkan panorama indah pepohonan kelapa yang nyiur melambai di sepanjang pantai. Pantai ini berada di desa Panyuran, Kecamatan Palang, dengan jarak hanya 6 km dari pusat kota. Tapi karena posisi pantai yang ada disebuah perkampungan, jadi terkesan pantai ini tersembunyi.

Disini Wovger juga akan menemukan banyaknya penduduk lokal yang berprofesi sebagai nelayan, dengan berbagai aktifitasnya. Pantai ini sangat indah, teduh dan masih sangat alami. Pantai ini sering dijadikan tempat untuk berkemah juga. Jadi jika Wovger ingin merasakan beach camp, bisa mencobanya di pantai ini.

3. Pantai Cemara Dan Mangrove Center, Menjadi Tempat Nyaman Untuk Berwisata Gratis

Pantai Cemara menawarkan pesona pantai yang ditepinya berjajar pohon cemara yang rindang. Disini Wovger bisa berteduh dan menikmati pesona indahnya pantai.

Di pantai ini, Wovger juga akan menemukan Mangrove Center yang dikelola oleh Bapak Ali Mansur. Untuk mengunjungi pantai dan Mangrove Center ini Wovger dibebaskan dari biaya tiket masuk. Wovger akan dikenakan biaya hanya untuk penggunaan listrik dan air bersih saja. Kapan lagi coba bisa wisata gratisan gini. Ada berbagai fasilitas seperti gazebo dan juga pondok yang bisa digunakan untuk melakukan pertemuan atau sekedar bersantai. Kabarnya pak Ali Mansur juga sudah melengkapi lokasi setempat dengan jaringan Wi-Fi lho. Keren kan

Dipantai ini, Wovger bisa bermain air karena pantainya relatif dangkal dan ombaknya tidak begitu besar. Wovger juga bisa melakukan kemah disini. Sungguh tempat yang asyik untuk menghabiskan liburan.

4. Pantai Sowan, Mempesona Dibalik Ramainya Jalur Pantura.

Pantai Sowan berada ditepi jalan pantura, Dusun Sowan, Desa Bogorejo, Kecamatan Banjar. Pantai Sowan memiliki pemandangan alam yang indah dan eksotis. Tempat wisata ini lebih dikenal dengan sebutan ‘Wana Wisata Sowan’. Di kawasan Pantai Sowa terdapat kawasan hutan di tepi pantai dengan luas sekitar 32 hektar. Berbagai jenis pepohonan tumbuh subur dikawan wisata ini, mulai dari pohon trembesi, klampis dan mahoni. Obyek wisata ini dikelola oleh KPH Perhutani Tuban.

Deretan pohon di area pantai ini membuat suasana yang seharusnya terasa panas membuat suasana pantai lebih sejuk dan bisa menjadi tempat bersantai. Buat Wovger yang suka berkemah dapat menjadikan kawasan tersebut sebagai tempat berkemah.

5. Pantai Remen, Mempesona Dengan Pasir Putihnya

Banyak pantai di kabupaten Tuban yang menjadi destinasi menarik untuk Wovger kunjungi. Pantai ini terletak di desa Remen kecamatan Jenu. Pantai Remen menyuguhkan pemandangan pantai yang menakjubkan dengan pasir berwarna putih cerah. Disini Wovger juga akan menemukan  danau besar dengan deretan pohon cemara laut yang seakan menyambut setiap pengunjung yang datang.

Pantai pasir putih ini ternyata masih baru lho. Pantai ini resmi dibuka baru pada 22 Pebruari 2015 dan dikelolah oleh pemerintah desa Remen. Terdapat banyak sekali tenda-tenda pedagang berjejer di sekitar pantai, terlihat sederhana yang tertata rapi dan bersih.

Pantai ini sangat terjaga kebersihannya, bahkan ada banyak tong sampah disepanjang pantainya. Kalo mampir kesini jangan dikotori yah.

6. Goa Ngerong, Tempat Wisata Dengan Sejuta Misteri Dan Kelelawarnya.

Goa ngerong menarik banyak wisatawan lokal, apalagi saat masa-masa liburan. Banyak sekali wisatawan yang ingin mengunjungi Goa ini untuk menyaksikan ribuan kelelawar yang bergantung diatap goa.

Selain mempesona dengan keindahannya, goa ngerong ini juga menyimpan mitos atau misteri yang belum terkuak tentang ikan tawes dan kura-kura putih yang ada dikolam kecil didalam goa.

Wovger dapat menyusuri goa dengan perahu karet sambil menikmati pesona ribuan ikan didasar sungainya sambil kelelawar diatap goanya.

Dikedalaman kurang lebih 1000 meter, Wovger akan mendapati air terjun. Sungguh sangat menyenangkan menghabiskan waktu liburan disini.

(bersambung ke bag. 2)

(Ref: http://wovgo.com)

Komentar

Fakhruddin mengatakan…
Bro gambarmu kok ora ono credite kabeh? opo hasil jepretanmu dewe kabeh?
Wirlilik Gundoyo mengatakan…
lihat ref.bawah,bro Fakhruddin!

Postingan Populer