(Video) Mengenal Lebih Dekat Lokasi Wisata Mangrove Center Jenu Tuban



(Jejak Tuban) Mengenal Lebih Dekat Lokasi Wisata Mangrove Center Jenu Tuban

Mangrove Center Tuban (MCT) ini sebenarnya berawal dari sebuah lembaga kecil pribadi. Adalah pak Ali Mansyur penggagasnya, pemilik dan pendiirinya. Rusa yang mengunjungi tempat yang asik ini pada Jumat 23 Maret kemaren mendapatkan kesempatan untuk ketemu langsung kepada orang yang paling berjasa dalam MCT ini. Bapak yang biasa disapa Pak Ali ini menceritakan awal mula sampai akhirnya tempat ini begitu mengagumkan.

Diceritakan oleh Pak Ali, awalnya cuma berniat menanam mangrove saja, karena rusaknya pantai karena abrasi. Tapi dari tahun ke tahun, akhirnya tempat ini makin berkembang luas sampai akhirnya pada tahun 2000 terkumpul menjadi 12 kelompok tani, dan akhirnya didirikan menjadi LSM Forum Komunitas Peduli Pesisir Pantai Tuban. Hingga pada akhirnya LSM tersebut berkembang lebih luas lagi pada tahun 2005  dengan diresmikan menjadi Mangrove Center Tuban dengan bergerak di bidang perikanan, kehutanan, perternakan dan pendidikan lingkungan. Hingga pada tahun 2011 MCT dikembangkan dengan ditambahi bergerak di bidang tanaman koltikultura.

Tempat asik ini berada di Pantai Utara Kabupaten Tuban dengan alamat Jl. Raya Tuban-Semarang KM 9 Desa Jenu, Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban Jawa Timur. Cukup kaget Rusa begitu tiba di sana, karea Rusa melihat begitu banyak fasilitas yang oke buat belajar, mulai taman baca, green house, laboratorium alam, balai workshop, balai pertemuan, lokasi pembibitan sampai pada tempat yang bisa dipakai buat camping dan pondokan. Semua sarana-prasana lengkap itu bisa kamu manfaatkan jika tertarik. Cocok banget buat yang ingin mengadakan pelatihan bersifat lingkungan atau semacamnya.


Komentar

Postingan Populer