Selama Ramadan Jam Pelajaran Sekolah Dikurangi 5 Menit

Selama bulan puasa, Dinas Pendidikan Jatim akan mengurangi jam pelajaran bagi siswa sekolah selama 5 menit tiap jam pelajaran. Langkah ini bertujuan agar siswa bisa pulang lebih awal dari biasanya dan bisa menikmati berbuka puasa di rumah.

Pengurangan jam pelajaran itu dengan perhitungan yakni tiap hari terdapat rata-rata 8 mata pelajaran. Artinya tiap hari akan siswa mendapatkan potongan waktu selama 40 menit.

Kebijakan ini juga berlaku bagi siswa yang masuk siang yang pada umumnya pulang pukul 17.30 WIB. "Biasanya pulang jam setengah enam, dapat pulang lebih awal yakni pukul 5 kurang 10 menit," kata Kepala Dinas Pendidikan Jatim Suwanto, Minggu (22/8/2009).

Suwanto menjelaskan, sebagai langkah memangkas jam pelajaran ini diberlakukan di dalam kalender pendidikan tahun 2009. Namun karena sudah ada kebijakan otonomi daerah, masing-masing daerah bisa mengambil kebijakannya sendiri.

"Kami hanya memberikan rambu-rambu yang tertuang dalam kalender pendidikan. Kebijakan tetap ada di sekolah masing-masing," tambahnya.

Sementara itu untuk mata pelajaran olahraga, dia berharap agar pimpinan sekolah mengurangi jam kegiatan olahraga. Hal ini agar murid tidak mengeluarkan energi terlalu banyak.

Komentar

Postingan Populer