Arbain Nawawi Hadits ke 10: Rizki Halal/Rizki Halal/Halal Sustenace
Hadits ke 10: Rizki Halal/Rizki Halal/Halal Sustenace
Teks Hadis
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : إِنَّ اللهَ تَعَالَى طَيِّبٌ لاَ يَقْبَلُ إِلاَّ طَيِّباً، وَإِنَّ اللهَ أَمَرَ الْمُؤْمِنِيْنَ بِمَا أَمَرَ بِهِ الْمُرْسَلِيْنَ فَقَالَ تَعَالَى : ,يَا أَيُّهَا الرُّسُلُ كُلُوا مِنَ الطَّيِّبَاتِ وَاعْمَلُوا صَالِحاً - وَقاَلَ تَعَالَى : , يَا أَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوا كُلُوا مِنْ طَيِّبَاتِ مَا رَزَقْنَاكُمْ - ثُمَّ ذَكَرَ الرَّجُلَ يُطِيْلُ السَّفَرَ أَشْعَثَ أَغْبَرَ يَمُدُّ يَدَيْهِ إِلَى السَّمَاءِ ياَ رَبِّ يَا رَبِّ وَمَطْعَمُهُ حَرَامٌ وَمَشْرَبُهُ حَرَامٌ وَمَلْبَسُهُ حَرَامٌ وَغُذِّيَ بِالْحَرَامِ فَأَنَّى يُسْتَجَابُ لَهُ .
[رواه مسلم]
Tegese Tembung/Arti Perkata/Word-for-Word Meaning
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ : Saking Abu Hurairah, Dari Abu Hurairah, From Abu Hurairah
رَضِيَ اللهُ عَنْهُ : mugi-mugi ngeridhai (sapo) Allah ing dheweke, semoga Allah meridhainya, may Allah be pleased him
قَالَ : (wis) matur (sapa) Abu Hurairah, dia (telah) berkata, he said
قَالَ : (Sampun) dhawuh, (telah) bersabda, said
رَسُوْلُ اللهِ : (sinten) Rasulullah, (siapa) Rasulullah, (who) the Messenger of Allah
صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : mugi-mugi Allah maringi rahmat lan kesentosaan dateng Rasul, semoga Allah memberi rahmat dan kesejahtraan padanya, Peace be upon Him
إِنَّ اللهَ تَعَالَى : setuhune (utawi) Allah Ta'ala, sesungguhnya (adapun) Allah Ta'ala, verily (as for) Allah Ta'ala
طَيِّبٌ : (iku) bagus, (adalah) indah, (is) good
لاَ يَقْبَلُ : ora narimo (sinten) Allah, Dia tidak menerima, He does not accept
إِلاَّ طَيِّباً : kejaba (kang) bagus, kecuali (yang) baik, except what is good
وَإِنَّ اللهَ : Lan setuhune (utawi) Allah, dan sesungguhnya (adapun) Allah, and verily (as for) Allah
أَمَرَ : (iku wis) parintah (sinten) Allah, (adalah) Dia (telah) memerintahkan, He commands
الْمُؤْمِنِيْنَ : (marang) wong-wong mukmin, (kepada) orang-orang beriman, (to) believers
بِمَا : kelawan barang, dengan sesuatu, by what
أَمَرَ : (kang) wis parintah (sinten) Allah, (yang) Dia (telah) memerintahkan, (that is) He commands
بِهِ : kelawan barang, dengannya, with it
الْمُرْسَلِيْنَ : (marang) para Utusan, (kepada) para Utusan, to the Messengers
فَقَالَ تَعَالَى : mangka (sampun) dhawuh (sinten) Allah Ta'ala, maka Allah Ta'ala(telah) berfirman, then He said
يَا أَيُّهَا الرُّسُلُ : He eling-eling para Rasul, Wahai ingat-ingat para Rasul, 0 Messengers
كُلُوا : padha mangana sira kabeh, makanlah kalian, eat
مِنَ الطَّيِّبَاتِ : saking pira-pira kang bagus, dari yang bagus-bagus, from good
وَاعْمَلُوا : lan agaweha sira kabeh, dan berbuatlah kalian, and deeds
صَالِحاً : (ing) kebagusan, (kepada) kebaikan, (to) the good
وَقاَلَ تَعَالَى : Lan (sampun) dhawuh (sinten) Allah Ta'ala, Dan Dia Ta'ala (telah);berfirman, and Allah Ta'ala said
يَا أَيُّهَا الَّذِيْنَ : He eling-eing wong akeh, Wahai ingat-ingat orang-orang, 0 those who
آمَنُوا : (kang) wis iman kabeh, (yang) kalian telah beriman, (that) you believe
كُلُوا : mangano sira kabeh, makanlah kalian, eat
مِنْ طَيِّبَاتِ : saking pira-pira kang bagus, dari yang baik-baik, from the good
مَا : (ing) barang, (kepada) sesuatu, (to) what
رَزَقْنَاكُمْ : (kang wis) paring rizki lngsun (marang) sira kabeh، (yang telah) Kami rizkikan kepada kalian, (that) We have provided for you
ثُمَّ ذَكَرَ : banjur tutur (sinten) Rasul, kemudian Rasul menyebut, then he mentioned
الرَّجُلَ : (Ing) wong lanang, (kepada) seorang lelaki, to some one
يُطِيْلُ : dawaake sapa wong, ia pergi jauh, he had gone on long
السَّفَرَ : ing lelungan, kepada bepergian, a jouney
أَشْعَثَ : (halih) dawul-dawul rambute, (dengan) rambut acak-acakan, in a dirty state
أَغْبَرَ : tur (halih) bleduken, dan (dengan) badan kotor, and (with) dusty state
يَمُدُّ : ngodotake sapa wong, dia memanjangkan, he raised
يَدَيْهِ : (Ing) tangan lorone, (kepada) kedua tangannya, (to) his hands
إِلَى السَّمَاءِ : marang langit, ke langit, to the sky
ياَ رَبِّ : Dhuh Pangeran kulo, Ya Tuhan kami, 0 my Lord
يَا رَبِّ : Duh Pangeran kulo, Wahai Tuhan kami, 0 my Lord
وَمَطْعَمُهُ : (halih utawi) panganane wong, (dengan adapun) makannya, even though his food
حَرَامٌ : (iku) haram, (adalah) haram, (is) unlawfull
وَمَشْرَبُهُ :lang (utawi) omben-ombene wong, dan (adapun) minumannya, and (as for) his drink
حَرَامٌ : (iku) haram, (adalah) haram, (is) unlawful
وَمَلْبَسُهُ : lan (utawi) sandangane wong, dan (adapun) pakaiannya, and (as for) his clothers
حَرَامٌ : (iku) haram, (adalah) haram, (is) unlawful
وَغُذِّيَ : lan didulang (sapa) wong, dan dia dicukupi, and his needs are fulfilled
بِالْحَرَامِ : kelawan barang haram, dengan barang haram, from something unlawful
فَأَنَّى : mongko kepriye, maka bagaimana, then how
يُسْتَجَابُ : disembadani dongane, dikabulkan doanya, his prayer answered
لَهُ : marang wong mau, kepadanya, to him
رواه : (Wis) ngeriwayatake ing hadis, (Telah) meriwayatkan (pada) nya, narrated it
مسلم : (Sapa) Muslim, (Siapa) Muslim, (Who) by Muslim
Terjemah hadis: ترجمة الحديث
Bahasa Jawa
Saka Abu Hurairah radhiallahu anhu ngendika: Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam ngendika: Satemene Allah ta'ala iku becik, ora nampa kajaba kang becik. Lan saktemene Allah paring dhawuh marang wong-wong mukmin kaya dene dhawuhe marang para utusane: He para utusan, padha mangana kang becik lan padha tumindak becik. Lan Panjenengané dhawuh: He wong-wong kang padha iman, padha mangana sawenèhing apa kang Ingsun paringaké marang sira. Banjur dheweke nyebutake yen ana wong sing lunga menyang perjalanan dawa kanthi kahanan sing reged lan bledug. Dhèwèké ngangkat tangané ing langit lan munjuk: Dhuh Pangéran kawula, Gusti kawula. Sanadyan dhaharanipun haram, ombènipun haram, sandhanganipun haram lan kabutuhanipun kacukupan saking ingkang haram, mila kados pundi. apa pandongane bakal kabul.
(Riwayat Muslim).
Piwulang wonten ing hadis: فواءدالحديث
1. Wonten ing hadits ing nginggil wonten piwulang bab kasucianipun Allah ta'ala saking sedaya kekirangan saha cacad.
2. Allah Ta’ala ora nampa apa-apa kajaba becik. Dadi sing sapa sedekah nganggo barang haram, ora bakal ditampa.
3. Bab kang diarani becik iku kang dianggep becik ing ngarsaning Allah ta'ala.
4. Tumindak sing ora sah ing wektu sing suwe bakal nyegah wong ora dikabulake pandonga.
5. Wong-wong dosa iku ora kalebu wong-wong sing dikabulaké donga, kajaba wong-wong sing dikarsakaké déning Allah.
6. Mangan barang sing najis bisa ngrusak amal lan dadi penghalang kanggo nampa amal. Bu
7. Anjuran nyumbang saka barang sing halal lan larangan kanggo nyumbang barang sing haram.
8. Sawijining abdi bakal oleh ganjaran yen dheweke mangan sing apik kanthi niat supaya kelase diwenehi kekuatan kanggo taat marang Allah.
9. Pandonga wong sing lagi lelungan lan atine ngarep-arep bakal dikabulake.
10. Ing hadits kasebut ana sawetara sebab kenapa donga dikabulake: Perjalanan sing dawa, busana sing sopan lan katon ing kahanan sing reged lan bledug, tangan loro ngangkat menyang langit, nangis ing sholat, kepinginan sing kuat ing panyuwunan, mangan panganan, ngombe lan sandhangane halal.
Terjemah hadis: ترجمة الحديث
Bahasa lndonesia
Dari Abu Hurairah radhiallahuanhu dia berkata : Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda : Sesungguhnya Allah ta’ala itu baik, tidak menerima kecuali yang baik. Dan sesungguhnya Allah memerintahkan orang beriman sebagaimana dia memerintahkan para rasul-Nya dengan firmannya : Wahai Para Rasul makanlah yang baik-baik dan beramal shalihlah. Dan Dia berfirman : Wahai orang-orang yang beriman makanlah yang baik-baik dari apa yang Kami rizkikan kepada kalian. Kemudian beliau menyebutkan ada seseorang melakukan perjalan jauh dalam keadaan kumal dan berdebu. Dia memanjatkan kedua tangannya ke langit seraya berkata : Yaa Robbku, Ya Robbku, padahal makanannya haram, minumannya haram, pakaiannya haram dan kebutuhannya dipenuhi dari sesuatu yang haram, maka (jika begitu keadaannya) bagaimana doanya akan dikabulkan.
(Riwayat Muslim).
Pelajaran yang terdapat dalam hadis : الفواءدالحديث
1. Dalam hadits diatas terdapat pelajaran akan sucinya Allah ta’ala dari segala kekurangan dan cela.
2. Allah ta’ala tidak menerima kecuali sesuatu yang baik. Maka siapa yang bersedekah dengan barang haram tidak akan diterima.
3. Sesuatu yang disebut baik adalah apa yang dinilai baik disisi Allah ta’ala.
4. Berlarut-larut dalam perbuatan haram akan menghalangi seseorang dari terkabulnya doa.
5. Orang yang maksiat tidak termasuk mereka yang dikabulkan doanya kecuali mereka yang Allah kehendaki.
6. Makan barang haram dapat merusak amal dan menjadi penghalang diterimanya amal perbuatan.
7. Anjuran untuk berinfaq dari barang yang halal dan larangan untuk berinfaq dari sesuatu yang haram.
8. Seorang hamba akan diberi ganjaran jika memakan sesuatu yang baik dengan maksud agar classinya diberi kekuatan untuk ta’at kepada Allah.
9. Doa orang yang sedang safar dan yang hatinya sangat mengharap akan terkabul.
10. Dalam hadits terdapat sebagian dari sebab-sebab dikabulkannya do’a : Perjalanan jauh, kondisi yang bersahaja dalam pakaian dan penampilan dalam keadaan kumal dan berdebu, mengangkat kedua tangan ke langit, meratap dalam berdoa, keinginan kuat dalam permintaan, mengkonsumsi makanan, minuman dan pakaian yang halal.
Hadits Translation: ترجمة الحديث
In English
From Abu Hurairah radhiallahu anhu he said: The Messenger of Allah sallallaahu 'alaihi wasallam said: Verily Allah ta'ala is good, does not accept except what is good. And verily Allah commands the believers as He commanded His Messengers by saying: O Messengers, eat good and do good deeds. And He said: O you who believe, eat of the good of what We have provided for you. Then he mentioned that someone had gone on a long journey in a dirty and dusty state. He raised his hands to the sky and said: My Lord, my Lord, even though his food is unlawful, his drink is unlawful, his clothes are unlawful and his needs are fulfilled from something unlawful, then (if that is the case) how will his prayer be answered.
(Muslim History).
Lessons containe in the hadith : الفواءدالحديث
1. In the above hadith there is a lesson about the holiness of Allah ta'ala from all shortcomings and reproaches.
2. Allah the Exalted does not accept anything but good. So whoever gives alms with unlawful things will not be accepted.
3. Something that is called good is what is considered good in the sight of Allah ta'ala.
4. Prolonged in unlawful acts will prevent a person from being answered prayers.
5. The sinners are not among those whose prayers are answered, except those whom Allah wills.
6. Eating unclean goods can damage charity and become a barrier to the acceptance of deeds.
7. Suggestions to donate from halal items and prohibitions to donate from things that are haram.
8. A servant will be rewarded if he eats something good with the intention that his class is given the strength to obey Allah.
9. The prayers of people who are traveling and whose hearts are very hopeful will be answered.
10. In the hadith there are some of the reasons why prayer is answered: Long journeys, modesty in clothes and appearance in a dirty and dusty state, raising both hands to the sky, wailing in prayer, strong desire in requests, consuming food, drink and clothing lowful.

Komentar