Ping, Memperbarui Berita Terindeks di Search Engine

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa saat ini sebagian besar orang browsing di internet melalui search engine. Untuk itulah keharusan dari web master untuk mendaftarkan webnya di search engine. Dengan mendaftarkan di search engine apabila ada orang yang mencari sesuatu sesuai dengal keywordnya maka webnya akan muncul.

Ada banyak search engine di dunia, namun 2 yang paling populer dan lazim digunakan orang adalah Google dan Yahoo. Selain itu masih banyak search engine yang lebih kecil seperti msn dan lain-lain. Fungsi dari search engine ini adalah sebagai media pencari web yang sesuai dengan keyword yang diketik oleh pencari berita.

Dengan banyaknya web didunia menjadikan search engine tidak cukup responsif terhadap suatu halaman web. Kadang ketika suatu web telah diupdate atau informasinya sudah diganti, namun disearch engine belum diganti. Hal ini tentunya akan mengecewakan konsumen dari web tersebut, bukan search enginenya.

Bagaimana mengatasi hal tersebut? Saat ini muncul software yang terintegrasi dalam web yang biasa disebut PING. Tujuan dari ping ini adalah memberi tahukan kepada search engine bahwa web kita telah diupdate, sehingga informasi yang terindeks di search engine merupakan informasi terbaru dalam web kita.

Beberapa layanan yang cukup populer yang dapat kita gunakan untuk ping adalah www.pingomatic.com dan www.pingoat.com. Anda juga dapat mencari di search engine. Satu hal yang perlu diingat adalah bahwa dalam melakukan ping, tidak terlalu sering. Terlalu sering melakukan ping yang tidak disertai perubahan konten web akan dicap tipuan oleh search engine. Dapat kita umpamakan seperti kita telah memperbaiki pekerjaan kita namun setelah dicek ternyata belum.

Komentar

Postingan Populer