Pasca Konferensi Perubahan Iklim, Apa Lanjutannya? (bag.1)


Sebulan lalu, 3-13 Desember 2007 Pertemuan Perubahan Iklim Tingkat Dunia dilaksanakan di Bali. Banyak sekali harapan yang ingin dicapai untuk mengatasi perubahan iklim yang makin mengancam keberlanjutan kehidupan di muka bumi.
Sebenarnya, bagaimanakah dampak perubahan iklim bagi kehidupan kita?
Benarkah masalah perubahan iklim hanya masalah lingkungan?
Permukaan air laut naik dan menggenangi kota-kota kelak, adalah masalah lingkungan? Petani kekeringan air atau kebanjiran, akibat musim yang berubah-ubah dan intensitas hujan tinggi, atau suhu yang bertambah panas, adalah urusan pecinta lingkungan?
Benarkah itu masalah "lingkungan" dan masalah "mereka"?

Jawabnya? Tidak!

Kerusakan lingkungan, mulai pencemaran, pendangkalan sungai & banjir, kekeringan, kebakaran hutan dan lainnya, bukan sekedar masalah lingkungan, tapi juga masalah ketidakadilan ekonomi, sosial dan politik. Diantara lelaki & perempuan, si kaya & si miskin, negara-negara maju di utara & negara berkembang di selatan. Dan ini, bukan masalah "mereka", tapi masalahku, kamu, kita.

Komentar

Anonim mengatakan…
America Fuck, eh maf emosi.
sebel juga sih liat negara amerika yg always make a fucking surprise, katanya beliau "Delegasi USA" gak akan ikut ambil bagian dalam kegiatan ini, sampai - sampai keputusan hasil rapat molor sampai satu hari gara - gara amerika gak akan ikut berpartisipasi. denger - denger sih bulan feb akan diadakan lagi di Nusa Dua Bali. buat saya pribadi sih acara itu sangat bermanfaat, karena acara yg kemarin aku sempet ikut bwt jadi operator cctv, bahkan gak sengaja aku masuk tv di trans tv, ya walaupun cuman lewat sebentar.

Postingan Populer