Seberapa Terkenal Anda di Internet ?


Saya membuka Google, kemudian memasukkan kata kunci "wirlilik" sebagai input pencarian. Setelah menekan tombol Telusuri dengan Google tampilah hasil pencarian yang mengandung kata "wirlilik". Awal membuat blog ini saya melakukan untuk memperhatikan apakah blog ini masuk dalam hasil pencarian. Jika saya lakukan sekarang ini saya ingin tahu apakah blog ini masih dalam urutan teratas. Saya perhatikan pula ada berapa halaman lain yang mengandung kata "wirlilik" yang terkait dengan saya. Dengan melakukan kegiatan pencarian seperti itu, saya melakukan egosurfing.

Egosurfing adalah kegiatan mencari yang umumnya dilakukan melalui mesin pencarian besar seperti Google atau Yahoo dengan memasukkan nama sendiri (bisa nama sebenarnya, nama panggilan, julukan atau nama samaran) sebagai kata kunci pencarian tersebut kemudian melihat apa yang dihasilkan, dengan tujuan untuk melihat keberadaan diri kita dalam internet, dan bisa juga bagaimana kepopulerannya.

Untuk mencari nama sendiri dengan mengaitkan dengan link ke alamat blog atau web tertentu, kita dapat juga melakukan egosurfing di egoSurf. Di sini kita memasukan nama kita (bisa nama sebenarnya, nama panggilan, julukan atau nama samaran) dan alamat blog atau website yang terkait. Kita dapat memasukkan beberapa alamat web dengan memisahkan masing-masing dengan koma. Selanjutnya egoSurf akan menelusuri dari hasil pencarian Google (kita dapat memilih juga mesin pencarian lain seperti Yahoo, MSN, del.icio.us, atauTechnorati) dan menghitung ranking ego kita. Hasil akhirnya berupa point ego kita. Entahlah, bagaimana perhitungan tersebut dilakukan.

Seberapa sering Anda melakukan egosurfing?

Komentar

Postingan Populer